HONESTY IS THE CURRENCY OF WHEREVER YOU ARE.: Cara Penggunaan Rumus Fungsi IF di Microsoft Excel

Kamis, 22 Januari 2015

Cara Penggunaan Rumus Fungsi IF di Microsoft Excel



Cara Penggunaan Rumus Fungsi IF di Microsoft Excel

Cara Penggunaan Rumus Fungsi IF di Microsoft Excel Penggunaan rumus microsoft excel akan memudahkan anda dalam pengoperasian data sesuai dengan kebutuhan anda. Salah satunya anda dapat menggunakan rumus fungsi IF yang terdapat di microsoft excel,taukah fungsi IF ?
Fungsi rumus IF sendiri merupakan suatu nilai ataupun kondusu dimana dapat mengevaluasi TRUE (benar) jika sesuai dengan logical yang diterapkan sedangkan FALSE (salah) apabila tidak sesuai dengan logical test.
Sehingga dengan menggunakan rumus logical test akan membantu anda dalam memberikan suatu nilai ataupun keputusan yang tepat sesuai dengan perhitungan matematis.

Berikut adalah cara penggunaan rumus fungsi IF di Microsoft Excel :

  1. Pertama tama anda dapat membuka Microsoft excel , baik yang sudah memiliki data atau anda dapat membuat tabel pada worksheet baru , misalnya tabel yang menyatakan lulus atau tidak lulus.
  2. Setelah itu anda dapat memasukan rumus logika misalnya akan menerapkan rumus dengan nilai 7 ke atas dinyatakan 'LULUS' sedangkan dibawah 7 'TIDAK LULUS', maka anda dapat membuat contoh logika simpel =IF(D3>6,9;"LULUS";"TIDAK LULUS")
  3. Sedangkan bagi anda yang memiliki dua data , misalnya kami contohnya mengenai laporan belajar yang terdiri dari ujian teori dan praktek maka anda dapat menggunakan rumus modifikasi , seperti =IF(D3+E3>=14;"LULUS";"TIDAK LULUS" , keterangan dari rumus untuk cell D3 atau E3 dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda,setiap nama kolom mungkin akan berbeda denga pencontohan yang kami berikan, anda dapat memahami terlebih dahulu penamaan kolom pada Microsoft excel.  Sedangkan untuk 14 merupakan standar kelulusan , ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda dalam memberikan standar untuk lulus atau tidak lulus.
Dengan memahami fungsi rumus IF maka anda dapat memulai mengerjakan hal lain yang ternyata pas jika diterapkan dengan rumus seperti ini sehingga membantu anda dalam pengoperasian yang lebih cepat. Itulah tadi penjelasan mengenai langkah-langkah menggunakan rumus IF pada microsoft excel , semoga dapat membantu anda dalam mengoperasikan Microsoft excel.   



Baca Selengkapnya: Cara Penggunaan Rumus Fungsi IF di Microsoft Excel http://bisikan.com/cara-penggunaan-rumus-fungsi-if-di-microsoft-excel#ixzz3PcAEAPwF

Tidak ada komentar :

Posting Komentar